“Mengurai Makna di Balik Lagu ‘Nothing Else Matters'”

“Nothing Else Matters” adalah salah satu lagu ikonik dari grup band rock Metallica yang telah mencuri hati banyak penggemar musik di seluruh dunia. Lagu ini menjadi begitu populer sehingga tidak pernah absen dari set list konser Metallica. Dalam artikel ini, kita akan mencoba untuk mengurai makna dibalik lirik lagu ini, yang terkenal dengan melodi gitarnya yang menenangkan dan liriknya yang mendalam.

Pendahuluan

“Nothing Else Matters” merupakan bagian dari album hit Metallica, “Black Album”, yang dirilis pada tahun 1991. Lagu ini ditulis oleh James Hetfield dan Lars Ulrich, dua anggota inti Metallica. Ini adalah salah satu lagu paling emosional dan mendalam dalam diskografi mereka, menampilkan sisi lebih lembut dan introspektif dari band heavy metal tersebut.

Analisis Lirik

Lagu ini diawali dengan detakan gitar akustik yang lembut dengan syair pertama “So close no matter how far / Couldn’t be much more from the heart / Forever trust in who we are / And nothing else matters.” Ini memberikan petunjuk tentang tema utama lagu tersebut: kepercayaan diri, otentisitas dan pentingnya hidup sesuai dengan keyakinan kita sendiri.

Refren lagu berbunyi “Never opened myself this way / Life is ours, we live it our way / All these words I don’t just say / And nothing else matters.” Di sini, penulis memberikan pesan bahwa hidup ini adalah milik kita untuk dijalani sesuai dengan caranya masing-masing.

Rangkuman

Melalui ‚ÄúNothing Else Matters”, Metallica memberikan pesan yang mendalam dan universal tentang arti kepercayaan, cinta, dan otentisitas. Lagu ini menceritakan tentang pengakuan terbuka seorang pria yang merasa bebas untuk mengekspresikan perasaannya, karena ia percaya bahwa apa yang paling penting adalah menjadi diri sendiri dan hidup sesuai dengan keyakinan kita sendiri.

Lagu ini juga menjadi bukti bahwa Metallica tidak hanya bisa menghasilkan musik keras dengan lirik agresif, tapi juga bisa membawa lagu yang lembut dan melankolis tanpa kehilangan identitas mereka sebagai band rock.

Dengan makna lirik tersebut, “Nothing Else Matters” tetap relevan hingga saat ini dan akan terus diterima oleh berbagai generasi mendatang. Lagu ini akan selalu diingat sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa dalam genre rock.